Tuesday, December 31, 2013

Tag Post : Liebster Blog Award


Lagi iseng blogwalking, lalu baca post terbaru Mbak Ren tentang Liebster Blog Award. Penasaran, saya baca lah. Ah, ternyata event ini adalah event Q&A berantai, dan saya kebetulan kena tag juga dari Mbak Ren untuk menjawab pertanyaannya.

Aturan mainnya adalah orang yang kena tag harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh yang men-tag, lalu setelah itu orang yang kena tag harus memberikan 10 random facts tentang dirinya, kemudian tag lagi 10 orang dan buat pertanyaan untuk mereka jawab. Karena saya dapat dari Mbak Ren, jadi saya jawab pertanyaannya Mbak Ren. Ini dia pertanyaannya:

Book Kaleidoscope 2013 Day #5 : Top Five Favorite Books


Akhirnya hari terakhir dalam Book Kaleidoscope 2013! Tidak disangka kalau dalam beberapa jam lagi kita akan menyambut tahun 2014. Semoga ada banyak buku bagus yang terbit di tahun depan, dan semoga kegilaan saya beli buku nggak segila tahun ini--iya, saya tahun ini boros banget. Hiks.

Karena hari terakhir, maka tema kaleidoskop hari ini pun bisa dibilang tema pamungkas, yaitu:

Top Five Favorite Books

Walaupun sebenarnya saya paling menunggu tema ini, tapi pas harinya datang saya malah bingung harus memilih apa saja. Cuma lima, sih, sementara banyak banget buku bagus yang saya baca tahun ini. hehe. But anyway, setelah semedi memikirkan jawaban, akhirnya terpilihlah lima buku yang membuat saya bahagia(?) di tahun ini. Without further ado!

Monday, December 30, 2013

Book Kaleidoscope 2013 Day #4 : Top Five Books With Absurd Storyline



Hari keempat dari Book Kaleidoscope 2013! Sehari lagi untuk menuju tahun yang baru, dan saya merasa semangat menyambut tahun 2014. Ada banyak resolusi yang saya buat, baik untuk kegiatan membaca buku dan menulis. Nah, sebelum membahas mengenai masa depan di tahun berikutnya, saya akan kembali mengenang perjalanan selama tahun 2013. Untuk hari keempat ini, Mbak Fanda membebaskan list yang akan dibuat. Sempat bingung, tapi akhirnya saya memutuskan untuk membuat list mengenai genre buku yang tahun ini paling banyak saya baca, yaitu:

Top Five Books With Absurd Storyline

Tahun ini sepertinya menjadi masa panen buku-buku bertema absurd atau surrealism, yang seringnya digawangi oleh penulis-penulis yang beraliran sastra kontemporer. Berhubung saya sukaaaa sekali genre ini, jadi mari disimak listnya!

Saturday, December 28, 2013

Book Kaleidoscope 2013 Day #3 : Top Five Best Book Covers


Aye, hari ketiga mengenang perjalanan buku selama 2013! Setelah di hari pertama saya membicarakan masalah pacar buku terbaik, lalu di hari kedua membicarakan tentang quotes yang saya sukai, untuk hari ketiga ini temanya adalah:

Top Five Best Book Covers

Dibandingkan dua hari sebelumnya, yang ini nggak terlalu susah. Hehe. Tahun ini saya punya cukup banyak buku-buku yang bagus secara konten dan juga dibarengi oleh kaver yang menawan. Let's begin the list!

Friday, December 27, 2013

Book Kaleidoscope 2013 Day #2 : Top Five Memorable Quotes


Kembali dengan Book Kaleidoscope hari kedua. Kali ini temanya adalah "Top Five Memorable Quotes". Ini.... termasuk yang susah juga buat saya, karena kalaupun saya punya quote-quote tertentu, kebanyakan asalnya dari buku memoar atau non-fiksi, sementara yang diminta di sini buku fiksi. Kalau untuk fiksi saya seringnya mencari buku yang secara plot dan gaya penceritaan bagus, dan justru tidak banyak mengandung quote-quote (sok) bijak, jadi mohon maaf kalau mungkin pilihan quote saya tidak sebegitunya bagus.

Thursday, December 26, 2013

Book Kaleidoscope 2013 Day #1 : Top Five Book Boyfriend



Tahun 2014 sudah semakin dekat! Sudah waktunya membuat resolusi tahunan, dan juga kilas balik mengenai tahun 2013 yang telah kita jalani. Di penghujung tahun 2013 ini, Mbak Fanda membuat Book Kaleidoscope untuk mereka yang hobi membaca buku. hehe. Kaleidoskopnya terdiri dari 5 tema yang akan diposting berurutan selama lima hari terakhir di tahun ini. Untuk hari pertama ini, temanya adalah:

Top Five Book Boyfriend

Hmm... hari pertama ini agak susah, karena saya jaraaaaang banget punya karakter favorit yang saya sebegitu sukanya sampai saya kategorikan sebagai book boyfriend. semua book boyfriend saya ya dari novel saya sendiri #authorbias. Tapi oke, setelah dipilah-pilih, akhirnya saya menemukan kandidatnya. hehe.

Ini dia lima (calon/tipe) pacar saya!

Wednesday, December 25, 2013

Wishful Wednesday [10]


Selamat Natal untuk Mbak Astrid, host meme WW, dan semua teman-temanku yang merayakan! Semoga Natal tahun ini menjadi Natal yang semarak dan penuh berkah. Dan pas banget, ya, hari Natal jatuh di hari Rabu, yang berarti waktunya bikin postingan tentang buku-buku apa aja nih, yang sedang diinginkan. May your wishes fulfilled in this Christmas time. :D

Saturday, December 21, 2013

[Review] Duty to The Crown


Judul : Duty to the Crown (The Actor and The Earl #2)
Penulis : Rebecca Cohen
Penerbit : Dreamspinner Press
Tahun cetakan : 2013
Jenis : ebook
ISBN : 1623803691

Rating : 3/5


Karena buku pertamanya membuat saya senang, dan masih dalam rangka mengjar target bacaan tahun ini, akhirnya saya memutuskan untuk langsung membaca sekuel dari The Actor and The Earl, Duty to The Crown. Sebenarnya mau tahan-tahan baca sampai buku ketiga dan terakhirnya, Forever Hold His Peace, rilis tahun depan, tapi ya sudahlah.


*Review ini mungkin akan mengandung konten yang tidak sesuai bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun.

Friday, December 20, 2013

Secret Santa 2013: Santa's Riddle!


Karena saya baru gabung BBI tahun ini, jadinya ini pertama kalinya saya ikut event Secret Santa. Tadinya agak ragu karena saya kira dari semua yang daftar akan dikocok mana yang jadi target, dan mana yang akan jadi Santa, tapi ternyata satu orang jadi Santa dan target--berarti nggak rugi. (otak pelitnya jalan).

Karena pemula, saya merasa gagal banget dalam even ini. haha. Pertama, karena sepertinya buku yang saya pilih sepertinya bukan pilihan yang cukup bijaksana. Aih, maaf ya, targetku, kamu harus mendapatkan Santa amatir macam saya. Kedua, karena, well, riddle saya seolah nggak niat..... terutama kalau dibandingkan dengan riddle dan clue dari Santa lain.... orz

Yang bikin makin demot adalah karena Santa saya buaik banget dan buku pilihannya untuk hadiah saya pas banget dengan apa yang sedang saya inginkan--on top list. Plus, dia memberi saya dua buku, satu dibelikan baru dan satu diambilkan dari koleksi pribadinya. Baik banget, padahal setelah saya cek buku yang dikasih ke saya itu dapat rating bagus dari beliau--iya, saya sudah tahu siapa Santa saya. Riddle-nya unik tapi masih mudah dipecahkan. Uuuh baik banget, kaaan, Santa saya?

Ini buku-buku yang dihadiahkan oleh Santa saya:



Titik Nol-nya Agustinus Wibowo dan novel klasik The Great Gatsby. Dua ini memang termasuk top-wishlist saya, bersama dengan buku seri Majapahit-nya Langit Kresna Hariadi. Saya sudah lama ingin membaca Titik Nol, dan belakangan ingin kembali memberikan kesempatan kedua pada The Great Gatsby--yang sempat saya DNF saat membaca ebooknya. Mungkin karena saya jadi anak baik selama setahun ini, makanya Santa bisa mendengar doa saya tentang kedua buku ini. hahaha. Lalu untuk riddle-nya:


Lagi-lagi, kenapa saya sebut Santa saya baik? Karena Santa saya juga seolah tahu kalau saya hobi main decoding. Saya bisa dengan sombong bilang kalau saya jago anagram dan deciphering. Lalu kebetulan saya dapat cipher! Woow, you don't know how happy I am, Santa! Ini yang ditulis Santa saya:

Dear Ayu Puspita Sari

You got a secret code from someone called SANTA. To find this SANTA, you must break the code. It is a very simple code for secret communication. This code called CIPHER. The Cipher is named after this man's name. He was the enemy of Marcus Tullius Cicero in Lustrum and Shakespeare used his name in one of his Tragedy.

KEY = 7

AXEEHFR UEHZGTF XBLFTKB FXFUTVT TGWFRET LMGTFXB LLBEOBT

Happy Reading & Breaking The Code

-SANTA-


Saya senang dapat Santa yang baik dalam memberi riddle dan mengerti apa yang saya mau. Hihihi. Nggak sabar untuk menunggu posbar Januari 2014 dan bisa secara resmi berterima kasih pada Santa yang begitu baik. Saya akan usahakan untuk baca kedua bukunya agar bisa dipost saat Januari. Tapi kalau nggak sempat, mungkin saya akan utamakan review The Great Gatsby, sebagai penghargaan karena Santa sudah menyerahkan buku yang dirating bagus olehnya pada saya. kalau saya mah biasanya nggak akan memberikan buku yang saya rating bagus.

Sekali lagi, terima kasih, Santa! Merry Christmas all! Ho ho ho ho ho ho ho~

Saturday, December 14, 2013

[Review] The Actor and The Earl


Judul : The Actor and The Earl (The Actor and The Earl #1)
Penulis : Rebecca Cohen
Penerbit : Dreamspinner Press
Tahun Cetakan : 2012
Jenis : ebook
ISBN : 1623801508

Rating : 4/5


Ebook ini sebenarnya hasil donlot buta begitu penerbit Dreamspinner memajang beberapa judul M/M hisrom secara gratis atawa free. Dari semua judul yang dipajang, saya hanya donlot ebook ini dan satu ebook lain karena hanya dua itu yang blurb-nya menarik minat saya. Eh tapi setelah didonlot, lagi-lagi karena hectic tugas dan segala macam, akhirnya sama seperti ebook-ebook saya yang lain, novel ini juga teronggok tak berdaya di dalam hardisk. Baru setelah niat membaca novel m/m saya kembali--dan karena mengejar target reading challenge di Goodreads--akhirnya saya mengubek hardisk dan memutuskan untuk membaca novel ini.

*Review ini kemungkinan akan berisi konten yang tidak sesuai untuk mereka yang belum mencapai usia 18 tahun.

Friday, December 13, 2013

Scene on Three #3



Woow. Sudah berapa lama saya absen dari Scene on Three? But anyway, saya kembali~ *tebar confetti* Dan saya kembali dengan sedikit paragraf dari buku yang termasuk salah satu nonfiksi Indonesia sepanjang masa--dan saya merasa diri ini beruntung bisa menemukan bukunya di toko buku dekat kampus.

[Review] The Backup Boyfriend


Judul : The Backup Boyfriend (The Boyfriend Chronicles #1)
Penulis : River Jaymes
Penerbit : self-publishing
Tahun cetakan : 2013
Jenis : ebook
ISBN : B00GZYZYVK

Rating : 4/5


Saya sudah lumayan lama hiatus dari membaca novel M/M-romance, setidaknya sekarang saya paling hanya baca satu judul per dua bulan--padahal tahun lalu dengan getol bisa baca 4-5 judul tiap bulan. Alasannya adalah karena saya memasuki fase bosan membaca adegan ranjang yang banyaknya minta ampun di genre M/M romance (haha) dan juga karena, ironisnya, saya juga tengah mengerjakan novel serupa. Tapi belakangan ini keinginan untuk membaca genre ini timbul lagi, bersamaan dengan beberapa teman yang membaca novella ini. So, here it is.


*Review ini kemungkinan akan memiliki konten yang tidak sesuai dengan mereka yang belum berusia 18 tahun. Please beware.

Wednesday, December 11, 2013

Wishful Wednesday [9]


Akhirnya untuk pertama kalinya di semester ini hari Rabu saya menyenangkan. haha. Kenapa? Karena hari Rabu ini saya nggak ada ujian. Jadi libuuuur~ *joget*

Untuk WW minggu ini, saya lagi penasaran sama buku yang beberapa hari yang lalu baru saja direview sama Mbak Oky. Bukunya adalah: (jeng jeeeng)

Saturday, December 7, 2013

[Review] Sampar


Judul : Sampar
Penulis : Albert Camus
Penerbit : Yayasan Obor Indonesia
Tahun cetakan : 2006
Jenis : Paperback
ISBN : 979461582X

Rating : 4,5/5


Camus menjadi filsuf eksitensialisme favorit saya semenjak saya membaca pandangannya tentang absurdisme dan bunuh diri dalam The Myth of Sisyphus and Other Essays (Le Mythe de Sisyphe). Padahal awalnya filsuf eksistensialis favorit saya adalah Kierkegaard, tapi begitu mempelajari mengenai absurdisme Camus--dan tentunya saya belajar dari author bias, Haruki Murakami-sensei--saya terlena(?) setengah mati pada pemikirannya, dan bertekad akan membaca semua karya Camus. Sewaktu membeli buku ini di IBF, sebenarnya saya tengah membaca The Stranger (L'Etranger), tapi akhirnya yang itu harus mundur dulu begitu mendapatkan yang ini.

Friday, December 6, 2013

[Review] Perempuan di Titik Nol


Judul : Perempuan di Titik Nol
Penulis : Nawal El-Saadawi
Penerbit : Yayasan Obor Indonesia
Tahun cetakan : 2006
Jenis : paperback
ISBN : 9794610402

Rating : 3/5


Salah satu buku yang akhirnya saya bawa pulang setelah dilema berkepanjangan di IBF bulan lalu, antara memututuskan untuk memborong semua karya Nawal El-Saadawi yang ada di stan Obor atau beli satu saja supaya saya masih bisa membawa pulang bukunya Camus dan Gogol--tapi kalau cuma satu saya harus beli buku yang mana? Nawal adalah penulis yang sudah lama ingin saya baca karya-karyanya, terutama setelah dosen Feminisme saya waktu itu menyebutkan nama Nawal sebagai aktivis perempuan pertama di Timur Tengah, tepatnya Mesir, yang berjuang melawan rezim otoriter Anwar Sadat. Buku yang menceritakan mengenai pergulatan pemikiran feminisnya adalah Catatan dari Penjara Perempuan, tapi Nawal melejit namanya sebagai penulis oleh buku ini. Karena itu akhirnya saya memutuskan untuk membeli buku yang ini dulu--sambil dengan bahagia memboyong serta Camus dan Gogol setelah satu jam pertarungan batin yang melelahkan.

Thursday, December 5, 2013

[Review] Me Before You


Judul : Me Before You (Sebelum Mengenalmu)
Penulis : Jojo Moyes
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun cetakan : 2013
Jenis : paperback
ISBN : 9789792295771

Rating : 3,5/5


Awalnya saya nggak begitu mengutamakan untuk membeli buku ini, karena, well, chicklit, dan wishlist saya kan masih banyak yang lebih penting. #songong Eh lalu sewaktu mendapat informasi target saya untuk event Secret Santa dan kemudian saya mengecek wishlist-nya, ada buku ini tercantum di dalamnya. Lalu kok saya jadi ikutan mupeng, ya? Hahaha. Akhirnya sambil membelikan buku untuk target, saya juga beli buku ini untuk diri sendiri. Hihi. *Santa amatiran*

Tuesday, December 3, 2013

Buying Monday #2


Iya, saya tahu ini Selasa.... tapi yasudahlah. Akhirnya ada tagar angka 2 di belakang postingan saya. Yang artinya apa? Tentunya itu berarti bulan ini saya belanja lagi. Nggak separah bulan kemaren, kok..... mungkin....

Ah okelah, berikut ini adalah bentuk penyelewengan dana beasiswa saya (lagi).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...