Tuesday, June 17, 2014

[Review] Property Quadrant: Sukses Memulai Bisnis Properti


Judul : Property Quadrant: Sukses Memulai Bisnis Properti
Penulis : Benny Lo
Penerbit : Visimedia
Tahun cetakan : 2013
Jenis : Paperback (plus CD)
ISBN : 9790652011

Rating : 3/5


Mungkin ketika melihat buku ini, pertanyaan pertama yang terlintas adalah, kenapa saya membaca buku tentang properti? Apa saya tiba-tiba berencana untuk berbisnis properti? Bukan, bukan. Jawaban pertama adalah karena buku ini buku dapat gratis dari Visimedia sebagai ganti review jujur, yang ditawarkan sebagai salah satu buntelan bulanan BBI. Kedua, saya memilih buku ini karena sekalian untuk keperluan riset bagi karakter novel saya yang diceritakan punya bisnis properti. hehe. Tapi karena dua bulan belakangan saya sibuk dengan kehidupan, jadinya reviewnya baru bisa ditulis sekarang. 


Property Area

Sekarang, setiap kali kita menonton televisi, pasti ada saja iklan dari suatu apartemen yang terselip di sela acara yang kita tonton. Bahkan kadang iklan tersebut mempunyai jam tayangnya tersendiri. Jalanan pun sekarang ramai dengan spanduk-spanduk pemasaran rumah maupun apartemen dengan cicilan hingga 0%. Perkembangan sektor properti sekarang sedang menjamur di mana-mana, dan banyak orang yang mulai melirik sektor ini sebagai pilihan investasi.

Tapi bukannya untuk berbisnis di sektor properti pasti membutuhkan biaya yang mahal hingga ratusan, bahkan miliaran rupiah? Tidak juga. Melalui buku Property Quadrant ini Benny Lo menunjukkan bahwa untuk menjadi pebisnis di sektor properti tidak selalu membutuhkan dana awal yang besar. Sama seperti usaha lainnya, bisnis properti bisa dimulai dengan dana terbatas, dan tentunya tetap memberikan keuntungan yang besar.

The Quadrant

Salah satu keuntungan bisnis properti yang sudah banyak diketahui umum adalah tingkat keuntungannya yang tinggi. Keuntungan bisnis properti akan semakin meningkat di setiap tahun, karena harga tanah yang akan cenderung meningkat. Dalam buku ini, Benny Lo membagi pelaku bisnis properti ke dalam empat kuadran yang saling berhubungan dan juga bertingkat. Keempat pelaku tersebut adalah: Agen, Principal (broker), Investor, dan Developer.

Benny Lo menjelaskan keempat kuadran ini dengan poin-poin yang mudah dimengerti, bersama dengan persiapan apa saja yang diperlukan jika pembaca tertarik untuk terjun ke bisnis properti. Ada juga estimasi modal yang dibutuhkan untuk terjun ke keempat jenis pelaku investasi ini, mulai dari yang termudah (Agen) hingga yang terbesar (Developer). Buku ini sangat praktis dan lengkap dalam memperkenalkan pangsa pasar dari salah satu bisnis yang terus berkembang pesat ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...