Sunday, August 14, 2016

[Book Talk] My Brilliant Friend Dramatic Reading di BBC Radio 4

Bagi yang senang update mengenai karya-karya pemenang book award internasional, pasti sadar kalau ada satu buku yang menjadi perbincangan hangat tahun ini dan membuat banyak orang berbondong-bondong membacanya. Buku itu adalah Neapolitan Novels karangan penulis Italia, Elena Ferrante.


Nama Elena Ferrante mulai menjadi perbincangan hangat sejak buku terakhir dari Neapolitan Novels, The Story of the Lost Child, masuk ke dalam daftar nominasi salah satu penghargaan buku internasional bergengsi, The Man Booker International Prize 2016. Ferrante menjadi satu nama asing yang bersaing dengan nama-nama kenamaan seperti Orhan Pamuk. Terlebih lagi, sosok penulis ini diselimuti oleh misteri. Meski telah menelurkan belasan karya, tapi sosok Elena Ferrante tidak pernah muncul di publik atau diketahui nama aslinya. Hal ini yang akhirnya makin membuat banyak orang penasaran dengan karyanya--walau setelah dibaca, karyanya juga luar biasa bagus.

Nah, saking booming dan kerennya seri ini, sampai-sampai ada fans setia yang membuat klub buku Elena Ferrante. Elena Ferrante sendiri tahun ini masuk ke dalam daftar 100 orang berpengaruh versi majalah Time. Dan sekarang, BBC pun mengadaptasi buku pertama seri ini, My Brilliant Friend, ke dalam bentuk dramatic reading.

Dramatic reading itu apa, sih? Dramatic reading kira-kira mirip dengan audiobook, yaitu ketika seseorang membacakan sebuah buku dalam bentuk podcast untuk didengarkan oleh pembaca-alias-pendengar. Bedanya, jika audiobook hanya membutuhkan satu orang untuk menarasikan sepanjang buku, dramatic reading menghadirkan pembacaan dengan satu set pemeran untuk setiap karakter di novel dan tambahan efek suara latar yang membuat pembacaan menjadi lebih seperti drama radio.

Oke, mari sekarang membahas dramatic reading-nya.

Sinopsis



Neapolitan Novels keempatnya berkisah tentang persahabatan Lila dan Elena (atau Lena) di sebuah komunitas miskin Naples, Italia, sejak kecil hingga mereka memasuki usia senja. My Beautiful Friend dibuka dengan Lena yang mendapat kabar dari cucu Lila bahwa sahabatnya itu tiba-tiba menghilang tanpa jejak. Terakhir cucunya bertemu Lila, dia pamit untuk pergi berjalan-jalan tanpa membawa apa pun, tapi tidak kunjung kembali. Begitu cucunya ingin mencari sesuatu untuk diserahkan ke polisi, dia menemukan bahwa tidak ada satu pakaian atau barang pribadi pun yang tersisa di rumahnya. Seolah Lila lenyap tanpa bekas.

Dari situ, Lena tiba-tiba teringat pada pembicaraannya dengan Lila berpuluh tahun lalu. Lila pernah menyatakan keinginannya untuk menghilang, bukan dengan bunuh diri atau pergi ke suatu tempat dan mendapatkan identitas baru, tapi benar-benar menghilang. Saat itu, Lena tidak percaya Lila bisa melakukannya dan berjanji akan selalu menemukan sahabatnya itu ke mana pun dia menghilang. Menyadari kini Lila benar-benar menghilang, Lena mengaduk memorinya untuk mencari tanda-tanda ke mana sahabatnya itu pergi.

Cast & Crew

Lena : Monica Dolan
Lila : Anastasia Hille
Lila anak-anak : Grace Wingate
Lila remaja : Chloe Harris
Lena anak-anak : Elisabeth McEvilly
Lena remaja : Daisy Tompkinson
Penulis naskah drama: Timberlake Wertenbaker
Sutradara : Celia de Wollf

Dramatic Reading Review

Dramatic reading My Beautiful Friend bisa didengarkan secara online di website BBC Radio 4. Sejauh ini, baru ada dua episode drama dengan durasi masing-masing satu jam. Sayangnya, saya belum mendapat informasi mengenai kapan waktu update untuk drama ini, tapi kemungkinan dramanya akan update setiap hari Minggu pukul 15:00 waktu UK.

Selama dua episode ini, saya sangat menikmati dramatic reading-nya. Yang paling saya suka dari dramatic reading adalah efek suara latar yang bisa membantu kita lebih mudah memahami situasi setting, jadi tidak hanya seperti sedang mendengarkan orang membacakan buku pada kita seperti dalam audiobook. Selain itu, para pemerannya juga bicara dengan tempo yang cukup pelan dan dramatis hingga saya tidak kesulitan menangkap setiap kalimatnya. Favorit saya adalah pemeran Lila anak-anak, yang suara tegas dan mendominasinya terdengar seperti Hermione Granger di film Harry Potter and the Sorcerer Stone. Tapi saat dewasa, suara Lila seolah lelah, sementara suara Lena yang waktu kecil selalu terdengar ragu malah menjadi lebih tegas, membuat saya penasaran apa yang membentuk perubahan kepribadian ini.

Bagi yang ingin mencari alternatif cara membaca yang bisa sekaligus memperlancar kemampuan listening bahasa Inggris, drama ini boleh banget coba didengarkan. Kalimat-kalimatnya mudah dan diucapkan dengan jelas, tidak seperti drama BBC lain yang saya dengar, hingga bisa cocok untuk pemula. 

Dan bagi yang tertarik mendengarkan, episode 1-nya konon hanya akan bisa didengarkan hingga 16 hari lagi sebelum dihapus. Jadi, ayo buruan didengarkan! Very worth it!

2 comments:

  1. BLOG nya menarik sekali jadi yuhu hehe kunjungi yang satu ini yaaa biar kalian ga bingung dalam menentukan masalah GEDGET
    http://zapplerepair.com/iPhone-6-lcd-ada-bayangan-hitam-diganti-baru-juga-sama.html
    http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html
    http://zapplerepair.com/perbedaan-antara-lcd-iPhone-original-sama-iPhone-lcd-ori-kaca-palsu.html

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...