Skip to main content

#5BukuDalamHidupku : Belajar Filsafat Secara Menyenangkan!

Saat baca-baca postingan grup BBI, saya nyasar(?) ke threadnya Bang Tanzil dan tertarik sama event dari Mas @Irwanbajang di blognya. Inti dari event yang bertema proyek mudik ini sebenarnya bertujuan untuk mengisi kembali blog yang sudah lama terlantar dengan memposting rutin selama lima hari berturut-turut mengenai lima buku yang mengubah hidup kita. Walaupun saya nggak ikutan mudik karena blog saya yang ini terhitung masih baru dan aktif, tapi saya tertarik untuk mengikuti proyeknya karena idenya dengan ajaib sesuai dengan apa yang belakangan ini sedang saya angankan untuk tulis di sini. Selain itu ada hadiahnya juga, lho, guys! hehehe.

So let's get this started! Di hari pertama ini, saya mau memperkenalkan satu buku yang mengubah cara pandang saya terhadap dunia (tsaaah). Ini dia bukunya!




Dunia Sophie-nya Jostein Gaarder, yes. Yang saya baca bukan yang edisi ini, sih, tapi edisi... entahlah edisi yang mana, saya nggak bisa menemukannya. Baca buku ini di sekitaran tahun 2009, teman saya beli di kampus dan merekomendasikannya ke saya. Alhasil saya pinjam bukunya dan langsung jatuh cinta ketika membacanya.

Sejak dulu, saya kira yang namanya filsafat itu njelimet dan bisa bikin otak 'melenceng'. hahahaha. iya, saya punya masa-masa konvensional juga, terutama karena terlahir di keluarga besar militer yang kaku dan konvensional. Saat membaca buku ini, yang sarat dengan petualangan--serta pembelajaran--Sophie dan Alberto Knox, saya langsung terperangah dan jatuh cinta seketika sama yang namanya filsafat. Buku ini membuat saya bertanya-tanya tentang apa makna manusia di dunia ini, apa dunia itu, dan terutama mengenai eksistensi segala materi yang kita temui sehari-hari--apakah itu nyata, atau hanya sekumpulan ilusi yang secara mengerikan dimasukkan begitu saja ke dalam kepala kita?

Buku ini juga mencipta titik balik saya dalam dunia kepenulisan. Tadinya saya adalah anak yang bermain dalam ranah fantasi, berambisi untuk bisa membuat novel fantasi Indonesia, dan aduh, sangat close-minded sama yang namanya genre bacaan. Tapi ketika membaca buku ini, saya seolah baru tersadar kalau buku itu beraneka ragam macamnya. haha. tolol banget. Sejak saat itu saya mulai berusaha membuka pikiran saya terhadap banyak jenis buku, terutama klasik dan nonfiksi--walau saya tetap masih menjauhi ranah romens pada awalnya. Buku ini juga membuat genre tulisan saya berubah 180 derajat dari fantasy menjadi surrealism-absurdism--yang masih menjadi genre tulisan saya sampai sekarang.

Saya makin menggilai filsafat sekarang ini, terima kasih pada buku ini. Sekarang saya sedang mempelajari karya Camus yang sarat absurdisme. Sebenarnya ingin sekali baca lagi buku ini untuk mengingat-ingat tokoh-tokoh filsafat yang karyanya wajib saya baca. Tapi sampai sekarang belum-belum sempat beli edisi terbarunya. Semoga suatu saat bisa kesampaian meletakkan buku ini di rak saya.

Terima kasih banyak, Dunia Sophie!

Comments

Popular posts from this blog

[Review] Majapahit : Sandyakala Rajasawangsa

Judul : Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa (Majapahit #1) Penulis : Langit Kresna Hariadi Penerbit : Bentang Pustaka Tahun cetakan : 2012 Jenis : Paperback ISBN : 9786028811811 Rating : 3,5/5 Saya sangat menyukai seri Gajah Mada dari Pak LKH, tapi sewaktu saya berniat mengoleksinya, bersama seri Candi Murca, buku-bukunya kebanyakan sudah tidak beredar lagi. Sewaktu ingin tanya-tanya ke bapak penulisnya langsung tentang kedua seri tersebut, saya menemukan kalau LKH ternyata menerbitkan seri terbarunya, Majapahit. Karena saya suka Gajah Mada, sang mahapatih Majapahit itu, maka saya juga jadi berminat pada seri baru ini karena penasaran kisah apa yang akan diusung olehnya, mengingat sepertinya kondisi kerajaan Majapahit sudah cukup banyak terkaver dalam seri Gajah Mada. Jadi, dimulai dari manakah kisah kerajaan terbesar Indonesia ini?

[Review] A Little Life

Judul: A Little Life Penulis: Hanya Yanagihara Penerbit: Doubleday Tahun cetakan: 2015 Jenis: ebook Tebal: 669 halaman ISBN: 9780385539265 PERHATIAN: Buku ini memiliki beberapa trigger yang mungkin akan dapat memengaruhi kondisi mental pembaca yang pernah/sedang mengalami isu-isu sensitif--perkosaan, penganiayaan fisik dan seksual, kekerasan pada anak, kecanduan obat-obatan, penyakit kejiwaan serta kecenderungan bunuh diri. Jika memiliki salah satu dari trigger yang disebutkan, disarankan untuk tidak membaca buku ini atau membaca dengan pantauan orang sekitar.

[Review] A Room of One's Own

Judul: A Room of One's Own Penulis: Virginia Woolf Penerbit: Harcourt Tahun cetakan: 1989 Jenis: Paperback ISBN: 9780156787338