Skip to main content

To-Be-Read-and-Review (TBRR) 2014 Book List Master Post


Pas saya main-main ke blognya Mbak Maria, saya menemukan kalau ternyata si mbaknya kembali menjadi host TBRR challenge 2014, satu challenge yang saya nggak sempat ikuti tahun lalu karena.... saya baru gabung BBI di menjelang penghujung tahun. Jadi untuk yang tahun ini saya berniat ikut--dan menyelesaikan challenge-nya. hohohoho.

Challenge ini adalah challenge untuk membaca buku-buku yang telah menumpuk di rak--dan hardisk, dalam kasus saya--selama setahun atau lebih. Karena buat apa dibeli kalau buku-buku itu nggak dibaca, kaan?Jadi, inilah buku-buku yang rencananya akan saya baca di tahun 2014 nanti:

1. Gulag - Alexandr Solzhenitsyn
2. Sejarah Tuhan - Karen Armstrong
3. The Invisible Gorilla - Christoper Chabris dan Daniel Simons
4. The Tipping Point - Malcolm Gladwell
5. Kita and Kami - Fuad Hassan
6. Menolak Posmodernisme - Alex Callinicos
7. Radikal Itu Menjual - Joseph Heath dan Andrew Potter
8. Derrida - Muhammad Al-Fayyadl
9. Marxisme, Seni, Pembebasan - Goenawan Mohammad
10. Indonesia/Proses - Goenawan Mohammad
11. Manusia Menjadi Tuhan - Eric Fromm
12. The Black Swan - Nassim Nicholas Taleb
13. The Good Thief - Hannah Tinti
14. Barbie Culture - Mary F. Rogers


Selain itu, Mbak Maria juga menyediakan tantangan tambahan, yaitu menyelesaikan dua judul dari tiap-tiap kategori yang disediakan. Berikut kategorinya sekaligus list buku yang akan saya baca:

* Dua buku kategori Classic:
1. Anna Karenina - Leo Tolstoy
2. The Stranger - Albert Camus (ebook)

* Dua buku kategori Mystery:
1. Stars & Stripes - Abigail Roux (ebook)
2. The Girl Who Played With Fire - Stieg Larson (ebook)

* Dua buku kategori Historical Fiction:
1. Minamoto no Yoritomo #1 - Eiji Yoshikawa
2. Shin Suikoden 1 - Eiji Yoshikawa

* Dua buku kategori Books Into Movies:
1. The Return of The King (The Lord of The Ring #3) - J.R.R. Tolkien
2. The Hobbit - J.R.R. Tolkien

* Dua buku bergenre Book Award Winner:
1. The Book Thief - Markus Zusak
2. The Golden Compass (His Dark Material #1) - Philip Pullman


Banyakan nonfiksinya, ya. haha. Tebel-tebel pula. orz Saya memang penimbun buku nonfiksi, sih, karena kalau fiksi saya bisa baca via ebook dengan mudah, sementara kalau nonfiksi saya selalu pusing baca di hape. Tapi kalau dipikir-pikir udah setahunan ini nggak beli buku nonfiksi karena tahun ini saya banyak beli fiksi untuk keperluan riset novel.... tahun depan jatah nimbun nonfiksi lagi, aah~ #Yuu

Hap! Mari membaca selama tahun 2014! Semangat kurangi timbunan!

Comments

  1. wahh hebat banyak buku non fiksi --> kebalikan komentator yang demen buku2 ngayal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga demen buku ngayal kok, mbak, cuma demi strategi pembelanjaan uang, akhirnya diputuskan kalau buku yang dibeli itu sebaiknya buku nonfiksi yang susah dibaca di hape/ereader. Eh gataunya tetep ketimbun juga dan gak kebaca. >,<

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] The Song of Achilles

Judul: The Song of Achilles Penulis: Madeline Miller Penerbit: Ecco Tahun cetakan: 2012 Jenis: ebook ISBN: 9780062060631 Perhatian: Review ini kemungkinan besar akan mengandung spoiler bagi cerita, yang sebenarnya tidak bisa disebut murni spoiler karena kisah tentang Achilles dan Patroclus serta perang Troya termasuk kisah mitologi yang telah menetap dan diceritakan dalam berbagai bentuk media. Review ini akan berisi tentang ulasan cerita dan mitologi terkait.

[Review] A Little Life

Judul: A Little Life Penulis: Hanya Yanagihara Penerbit: Doubleday Tahun cetakan: 2015 Jenis: ebook Tebal: 669 halaman ISBN: 9780385539265 PERHATIAN: Buku ini memiliki beberapa trigger yang mungkin akan dapat memengaruhi kondisi mental pembaca yang pernah/sedang mengalami isu-isu sensitif--perkosaan, penganiayaan fisik dan seksual, kekerasan pada anak, kecanduan obat-obatan, penyakit kejiwaan serta kecenderungan bunuh diri. Jika memiliki salah satu dari trigger yang disebutkan, disarankan untuk tidak membaca buku ini atau membaca dengan pantauan orang sekitar.

[Review] Majapahit : Sandyakala Rajasawangsa

Judul : Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa (Majapahit #1) Penulis : Langit Kresna Hariadi Penerbit : Bentang Pustaka Tahun cetakan : 2012 Jenis : Paperback ISBN : 9786028811811 Rating : 3,5/5 Saya sangat menyukai seri Gajah Mada dari Pak LKH, tapi sewaktu saya berniat mengoleksinya, bersama seri Candi Murca, buku-bukunya kebanyakan sudah tidak beredar lagi. Sewaktu ingin tanya-tanya ke bapak penulisnya langsung tentang kedua seri tersebut, saya menemukan kalau LKH ternyata menerbitkan seri terbarunya, Majapahit. Karena saya suka Gajah Mada, sang mahapatih Majapahit itu, maka saya juga jadi berminat pada seri baru ini karena penasaran kisah apa yang akan diusung olehnya, mengingat sepertinya kondisi kerajaan Majapahit sudah cukup banyak terkaver dalam seri Gajah Mada. Jadi, dimulai dari manakah kisah kerajaan terbesar Indonesia ini?