Wednesday, November 27, 2013

Wishful Wednesday [8]


Rabu ini saya hampir lupa kalau ada WW. a-ahahahaha. Dan sekali-sekali saya pengen naruh buttonnya di tengah (nggak ngaruh apa-apa juga padahal). Untuk mengejar waktu, pembukaannya singkat aja. (ha!) WW saya minggu ini sebenarnya bukan buku yang ingin saya beli, sih, karena berhubung bukunya sudah langka. Lebih tepatnya WW saya kali ini adalah tentang buku yang ingin saya print untuk koleksi.



Setelah membaca buku satu dari seri In Search of A Lost Time karangan Marcel Proust, Swann's Way, saya jadi terpesona sama gaya menulisnya. Bukunya saya sayang-sayaaaaaaang banget bacanya. Tapi karena pinjam di perpustakaan, jadinya yah.... harus dikembalikan. Sampai saya perpanjang dua kali, sampai batas maksimal, dan saya akhirnya terpaksa mengembalikannya. Hiks. Sejak saat itu saya langsung mengumpulkan ebooknya. Tapi ternyata nggak asik baca ebook dari karya yang harus dibaca perlahan macam ini! Jadilah tekad saya berubah: suatu saat, saya akan mencetak buku ini supaya bisa saya pajang di lemari buku.

Seri In Search of A Lost Time ini adalah mahakarya dan satu-satunya tulisan Proust, sebelum akhirnya dia meninggal beberapa tahun setelah menerbitkan buku terakhir. Total ada 7 buku dalam seri ini, yaitu:

1. Swann's Way
2. Within A Budding Grove
3. The Guermantes Way
4. Sodom and Gomorah
5. The Captive
6. The Fugitive
7. Time Regained

Ketujuh buku ini bisa dikatakan sebagai semi-autobiografi dari Proust sendiri, yang menceritakan mengenai masa kecilnya selama tinggal di rumah bibinya di Guermantes hingga dirinya dewasa. Yang mengenalkan saya pada buku ini tidak lain dan tidak bukan adalah author bias saya, Haruki Murakami. Dalam novelnya, 1Q84 disinggung mengenai buku ini dan statemen bahwa, "Buku ini tidak akan bisa diselesaikan oleh orang yang tidak mempunyai banyak waktu luang". Dan hal itu memang terjadi pada saya. Saya gagal menyelesaikan buku ini dan mandeg di halaman 50-an sampai akhirnya bukunya terpaksa saya kembalikan. Begitu juga dengan beberapa reviewer di Goodreads. Banyak yang merating buku 1, tapi jumlah yang merating buku ke-7 merosot mungkin lebih dari 3/4-nya. Makanya saya bertekad untuk mencetak buku ini dan menyelesaikan membacanya. Lihat saja, Proust!

Apa wishful wednesday-mu?

1. Follow Books to Share atau tambahkan di blogroll/bloglink-mu.
2. Buat postingan mengenai buku-buku (boleh lebih dari satu) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran minggu ini, mulai dari yang akan segera dibeli, sampai yang hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk wishlist kalian, ya!
3. Tinggalkan link postingan kalian di Mr. Linky (ada di setiap postingan WW Mbak Astrid). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di blog kalian.
4. Mari berkunjung ke sesama blogger yang telah share wishlistnya di hari Rabu! =)

5 comments:

  1. woahhh baru pernah sekali baca WW yang mau mencetak buku XD ehh kalau dapet buku print nya yang asli gimana? lebih asik lagi ga? hihi...semoga terkabul yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe. karena mau beli buku itu terlalu mainstream, mbak. #dikeplak
      tentunya lebih asik, mbak, apalagi kalau gratisan. #eh konon di OT ada, tapi harganya aduh, melebihi standar buku impor. Padahal kan hitungannya klasik. u___u

      Delete
  2. jadi penasaran mau baca Haruki Murakami, kira2 bakal suka ga yah?
    Semoga kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya Murakami for beginner itu mending baca Norwegian Wood atau Sputnik Sweetheart dulu, mbak. Soalnya bukunya yang lain ajaib bin absurd. hahaha.

      Delete
  3. Semoga tetap terus berkobar semangatnya!

    Dan semoga terkabul harapannya! :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...