Friday, August 30, 2013

Friday's Recommendation #1

Saya kayak nggak bosen-bosennya ikutan meme. hehe hehehehehe. Kali ini ikutan meme yang kembali diselenggarakan oleh Mbak Ren (yang setiap liat blognya rasanya jadi pengen main Candy Crush Saga #eh) setelah konon beberapa lama hiatus--saya sih blogger baru, jadi kabar hiatusnya pun saya nggak tau. #uhuk

Scene on Three #2


Tanggal 30! Waktunya Scene on Three! Dan beberapa hari lagi menjelang ultah ke-23 saya! #teteep

Untuk Scene on Three kali ini, saya ingin membagi beberapa quote yang saya suka dari novel yang baru-baru ini sukses membuat saya mlungker di tengah ingus dan air mata dan sakit hati, yaitu Aristotle and Dante Discover The Secrets of The Universe.

[Review] Aristotle and Dante Discover The Secrets of The Universe



Judul : Aristotle and Dante Discover The Secrets of The Universe
Penulis : Benjamin Alire Saenz
Penerbit : Simon & Schuster Books For Young Readers
Tahun cetakan : 2012
Jenis : ebook
ISBN : 9781442408944

Rating : 5/5


The Different Rules of Summer

Jika saya disuruh memilih satu buku terbaik yang saya baca di tahun ini, saya akan tanpa ragu menunjuk buku ini, Aristotle and Dante Discover The Secrets of The Universe. Saya sempat beberapa saat menelantarkan buku ini karena timeline goodreads saya yang begitu penuh hype tentang buku ini (teman yang membacanya semuanya memberi 5 bintang). Saya bukan penyuka sesuatu yang sedang hip, terutama karena hype sering sekali mislead saya ke sesuatu yang akhirnya saya nggak suka. Jadi biasanya saya biarkan hype itu mereda selama tiga-empat bulan, baru saya akan mulai mencari review dan kemudian membacanya. Hal tersebut juga saya lakukan untuk novel ini. Dan ternyata segala hype dan penghargaan yang diberikan pada buku ini--Stonewall Book Award, Printz Honor, Lambda Literary Award, dan YALSA Best Fiction for Young Adult--sangat well-deserved.

Thursday, August 29, 2013

Wishful Wednesday [3]

Cepet, ya, tiba-tiba udah Rabu lagi, dan saya baru bisa bikin postingan WW sehari setelahnya. (masih diterima, nggak, ya?) Saya merasa dilibas tanpa ampun sama waktu. (halah) Tadinya saya kepingin ikut Buying Monday, berhubung bulan ini saya kalap dan ingin sedikit introspeksi, tapi sialnya buku pesenan saya bulan ini belum ada yang sampe. ihiks. *menatap nanar Pak Pos*

Ah, berhubung ini penghujung Agustus, dan ultah saya ada di awal September, saya mau tebar-tebar #kode ah di wishful wednesday kali ini. Hohohoho. Siapa tau ada yang meng-encrypt kode saya dengan baik dan tepat--atau sekedar bantu-bantu bikin mupeng yang baca. *uhuk* *diinjek peserta WW rame-rame*

Jadi, karena beberapa hari lagi saya mau ultah ke-23, maka buku yang saya masukin list kali ini ada 23 buku! Mwahahahahahaha! Rekorkah saya?

Here's my #kode wishes!

Monday, August 26, 2013

[Review] Refrain



Judul : Refrain
Penulis : Winna Efendi
Penerbit : Gagasmedia
Tahun cetakan : 2012
Jenis : Paperback
ISBN : 9797803627

Rating : 2/5

Oke, saya tahu review ini telat banget. Setelah filmnya keluar saya baru tergerak untuk baca, itu pun nggak modal beli sendiri, tapi pinjam punya teman. Ini kali pertama saya membaca karya Winna Efendi, yang selama beberapa bulan ini ingin saya baca akibat banyak teman di Goodreads yang sepertinya merating bagus buku-bukunya. Namun karena saya masih sangsi untuk membeli bukunya, jadinya saya pinjam punya teman untuk mengecek apakah gaya Winna sesuai dengan cangkir teh saya.

Saturday, August 24, 2013

[Review] The Motorcycle Diaries



Judul : The Motorcycle Diaries
Penulis : Ernesto "Che" Guevara
Penerbit : Banana Publisher
Tahun cetakan : 2005
Jenis : Paperback
ISBN : 9799998638

Rating : 4/5

Lagi-lagi ini buku yang saya beli bersama buntelan buku diskon Banana yang lain yang dibeli bulan lalu. Buku ini juga yang membuat saya ngefans sama penerbit yang satu ini--buku-bukunya selalu bertema unik dan menginspirasi. Salah satunya buku ini. Saya memilih buku ini dari daftar diskon buku Banana sebenarnya asal saja, hanya karena teman kuliah saya semester lalu ribut menyuruh saya nonton film The Motorcycle Diaries untuk melihat petualangan Ernesto dan Alberto yang konon lucu juga mengharukan. Berhubung saya bukan tipe penonton dan lebih ke tipe pembaca, begitu menemukan bukunya, jelas saya langsung memesannya (mumpung diskon).

Friday, August 23, 2013

Scene on Three #1


Hehe. Saya ikut satu meme lagi, buat nambah-nambahin isi blog biar nggak monoton isinya review muluk. Kali ini saya coba ikutan meme Scene on Three-nya Mbak B'Zee yang diadakan setiap tanggal yang mengandung angka 3. Dan karena hari ini tanggal 23 Agustus, maka saya memutuskan untuk ikut perdana. yeeeeeey!

Scene on Three adalah meme sharing quotes/scenes favorit dari buku yang sedang dibaca saat ini. Untuk yang perdana ini, saya ingin menulis tentang beberapa paragraf (panjang) terakhir dari buku keren yang baru saja selesai saya baca : The Motorcycle Diaries.

[Review] Warna-Warni Lelaki



Judul : Warna-Warni Lelaki
Penulis : Nur Hasyim
Penerbit : Rifka Annisa
Tahun cetakan : 2010
Jenis : Paperback
ISBN : 9793142243

Rating : 3/5

Apa, sih, laki-laki itu? Bagaimana makhluk-makhluk yang dibilang lelaki ini sebenarnya? Walaupun definisi laki-laki sebenarnya hanyalah "manusia yang mempunyai penis", tapi pengertian akan kata laki-laki ini telah bercampur sedemikian rupa dengan konstruksi sosial di masyarakat. Lingkungan sosial membuat kata laki-laki menjadi seolah wajib dibarengi dengan berbagai kata sifat yang mutlak harus dipatuhi. Jika tidak memilikinya? Masih akan dianggap sebagai lelaki, tentu, walau harus rela tidak diberi titel "sejati" di belakangnya.

Wednesday, August 21, 2013

Wishful Wednesday [2]

Akhirnya Rabu lagi!

Pekan kedua saya ikut meme ini, dan apa yang mau ditulis minggu ini sudah dirancang bahkan sejak hari Jum'at minggu lalu. lol.

Jadi, hari Jum'at kemarin saya dan salah satu teman di twitter, Kak Nilla, membicarakan tentang novel sastra klasik Indonesia. Saya, yang habis gila-gilaan beli trilogi Tripartite-nya Isabel Allende di toko buku online (Putri Keberuntungan, Potret Warna Sepia, dan Rumah Arwah), tiba-tiba kepingin beli Ronggeng Dukuh Paruk.... tapi tidak bertahan lama, karena setelah ngobrol-ngobrol dengan Kak Nilla, saya diingatkan lagi akan novel sastra klasik Indonesia yang sudah lama saya cari-cari. Here it is:

Saturday, August 17, 2013

[Review] Catatan Seorang Demonstran



Judul : Catatan Seorang Demonstran
Penulis : Soe Hok Gie
Penerbit : Pustaka LP3ES Indonesia
Tahun cetakan : 2008
Jenis : Paperback
ISBN : 9793330333


Rating : 4/5


Sebenarnya buku ini sudah lama saya selesaikan, bahkan sudah beberapa kali saya baca ulang, tapi belum-belum saya review karena saya selalu menyelesaikannya dengan cara melompati beberapa entri, jadi saya memutuskan baru akan mengulasnya setelah saya benar-benar selesai membaca dari kover-ke-kover. Dan akhirnya hari ini, bertepatan dengan hari ulang tahun RI ke-68, saya berhasil benar-benar menyelesaikan membaca buku ini, yang juga menjadi salah satu buku sumber yang saya gunakan untuk penulisan esai untuk KEM Tempo Institute.

Friday, August 16, 2013

[Review] The ABC's of Life



Judul : Lesson One: The ABC's of Life - The Skills We All Need But Were Never Taught
Penulis : Jon Oliver, Michael Ryan
Penerbit : Touchstone
Tahun cetakan : 2004
Jenis : Paperback
ISBN : 074337927
Rating : 2/5


Lagi-lagi, pinjam di perpustakaan Yayasan Pulih untuk diresensi sebagai salah satu tugas magang. hehehehe.

Wednesday, August 14, 2013

Wishful Wednesday [1]

Perdana! Uwoooo! *happyminion*

Rabu perdana ini dilewati dengan banyak kejadian sekaligus. Yang pertama adalah karena hari ini pertama kalinya saya mencoba membuat post tentang Wishful Wednesday yang sudah bikin saya mupeng sejak sebulan lalu. Yang kedua adalah karena hari ini saya sukses menutup pengalaman saya sebagai prajurit IRS. lol. Yeah, I've done my (seat-in) classes this semester. Final paper left. So yay to mee!!

Yang ketiga adalah karena hari ini juga bertepatan dengan tanggal terakhir event #bukutempel-nya GPU. Dari tiga hari kemarin saya sibuk mengirimi dan memikirkan buku-buku apa yang ingin saya kirimkan untuk teman-teman saya yang hobi membaca buku di twitter. Rasanya menyenangkan, saling bertanya buku apa yang diinginkan, lalu malah berlanjut ke acara review colongan dari buku-buku yang diinginkan. Hal menarik yang saya perhatikan selama event ini adalah ketika teman-teman saya (dan saya sendiri) mulai membicarakan dan mempertimbangkan mengenai buku-buku tersebut seolah mereka sudah pasti akan mendapatkan buku tersebut. Mereka bertanya buku apa yang diinginkan, buku apa yang belum dipunya, apakah suatu buku tertentu bagus, dll. Begitu saya bilang kalau kita mulai bicara seolah kita pasti dapat, baru semuanya tertawa--lewat tulisan, tentu.

Monday, August 12, 2013

[Review] Breaking The Silence: A Guide to Helping Children With Complicated Grief - Suicide, Homicide, AIDS, Violence and Abuse



Judul : Breaking The Silence: A Guide to Helping Children With Complicated Grief - Suicide, Homicide, AIDS, Violence and Abuse
Penulis : Linda Goldman
Penerbit : Routledge
Tahun cetakan : 1996
Jenis : Paperback
ISBN : 1560324341
Rating : 4/5


Buku pinjam dari perpustakaan Yayasan Pulih dalam rangka pembekalan sebelum menjadi ko-fasilitator pada acara sebuah LBH, sekaligus untuk tugas resensi buku untuk keperluan magang. Walaupun akkhirnya saya batal menjadi ko-fas karena terkena gejala tifus, tapi buku ini banyak memberi pelajaran pada saya yang gagal mendapat kesempatan turun dalam kegiatan lapangannya. (hiks)

[Review] The Secret of Two Suns



Judul : The Secret of Two Suns
Penulis : Rudy Efendy
Penerbit : Laksana
Tahun cetakan : 2013
Jenis : Paperback
ISBN : 9786027933132
Rating : 3/5


Buku M/M romance Indonesia keenam yang saya baca, dan saya lumayan girang mengetahui bahwa genre ini kini makin marak di Indonesia. Sayangnya, semaraknya genre ini di tanah air tidak (belum) dibarengi dengan adanya naskah-naskah yang mumpuni, dan kebanyakan cenderung misleading tentang informasi mengenai kaum yang dibahas. Waktu curhat tentang hal itu di goodreads pada teman saya, penulis novel ini merekomendasikan saya untuk membaca bukunya, dengan alasan katanya tidak akan membuat misleading info tentang LGBT. Makanya begitu nemu bukunya di toko buku, akhirnya langsung saya beli. hehe.

And hold your seat, because this review would be part-review, part-rants. lol.

Peringatan : mungkin akan ada cukup banyak spoiler yang dibahas di sini.

Saturday, August 10, 2013

[Review] Kisah-Kisah Cinta Ganjil



Judul : Kisah-Kisah Cinta Ganjil
Penulis : Milan Kundera, Alice Munro, Gabriel Garcia Marquez, Naoya Shiga
Penerbit : Banana Publisher
Tahun cetakan : 2005
Jenis : Paperback
ISBN : 9799998611
Rating : 4/5

Bulan lalu, sehubungan dengan adanya bulan Ramadhan, penerbit Banana mengadakan diskon 50% bagi buku-buku terbitannya. Sudah lama mencari buku-buku kece terbitan Banana--dan sekali ketemu langsung diskon besar--otomatis saya langsung kalap. Buku ini adalah salah satu dari sebuntel buku kece yang saya pesan dari penerbit tersebut.

Saya membeli buku ini karena nama pengarang yang disebutkan di katalog diskon, yaitu Milan Kundera. Sudah cukup lama saya ingin membaca karyanya, yang konon hobi membolak-balik plot sekaligus perasaan pembacanya. Awalnya saya kira buku ini hanya memuat karya Milan Kundera, tapi ternyata buku ini adalah buku kumpulan cerpen klasik yang memuat empat cerpen dari empat penulis klasik kenamaan; Milan Kundera, Alice Munro, Gabriel Garcia Marquez, dan Naoya Shiga. Berikut akan saya bahasa satu-persatu cerpennya beserta rating untuk setiap cerpen.

[Review] Surat Panjang Tentang Jarak Kita Yang Jutaan Tahun Cahaya



Judul : Surat Panjang Tentang Jarak Kita Yang Jutaan Tahun Cahaya
Penulis : Dewi Kharisma Michellia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun cetakan : 2013
Jenis : Paperback
ISBN : 9789792296402
Rating : 5/5

[Review] Unwind



Judul : Unwind 
Seri : Unwind Dystology #1
Penulis : Neal Shusterman
Penerbit : Simon & Shcuster Book for Young Reader
Tahun cetakan : 2007
Jenis : ebook
Rating : 5/5


Saya sudah mereview buku ini dengan bahasa Inggris di goodreads, tapi berhubung katanya buku ini akan diterbitkan terjemahannya di Indonesia bulan ini, saya merasa berkewajiban(?) membuat review bahasa Indonesianya.

Thursday, August 8, 2013

[Review] Let's End Bullying




Judul : Let’s End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying
Penulis : Andri Priyatna
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun cetakan : 2010
ISBN : 978 – 979 – 27 – 6984 – 5
Rating : 3/5


Resensi ini dibuat untuk salah satu tugas magang di Yayasan Pulih.

Program Membaca

Sebelumnya saya menulis tentang hal ini di blog saya yang khusus untuk menulis. Berhubung sekarang saya sudah punya blog khusus buku, jadi saya crosspost juga di sini.

Sebagai seorang pembaca yang juga penulis, saya menyadari kalau bacaan saya selama ini sangat kurang. Karena itu saya membuat program membaca bagi diri saya sendiri untuk mendukung kegiatan kepenulisan saya. Saya sekarang ini sedang mencoba membaca buku-buku yang ada di daftar 100 Best Book versi Guardian. Here's the list!

Another Blog

Jadi, ceritanya saya sudah beberapa minggu ini ngidam untuk bikin blog buku, tapi masih ragu karena pertama, saya nggak yakin bisa konsisten--saya punya tiga blog dan yang rajin update cuma dua, itu pun isinya rambling gaje--dan kedua, saya masih merasa lebih nyaman menulis review di Goodreads. Tapi setelah melihat beberapa blog buku punya teman-teman di goodreads, saya jadi semakin ngidam tak tertahankan untuk bikin blog buku. Lalu saya iseng buka-buka web blogger, dan eh, ke-klik deh tombol buat blognya! Impulsivity at it best.

Ya sudah, akhirnya jadilah saya punya blog baru, dan untuk yang ini, saya niatkan untuk mengisinya dengan review-review buku. Semoga bisa konsisten. Haha.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...