Friday, December 20, 2013

Secret Santa 2013: Santa's Riddle!


Karena saya baru gabung BBI tahun ini, jadinya ini pertama kalinya saya ikut event Secret Santa. Tadinya agak ragu karena saya kira dari semua yang daftar akan dikocok mana yang jadi target, dan mana yang akan jadi Santa, tapi ternyata satu orang jadi Santa dan target--berarti nggak rugi. (otak pelitnya jalan).

Karena pemula, saya merasa gagal banget dalam even ini. haha. Pertama, karena sepertinya buku yang saya pilih sepertinya bukan pilihan yang cukup bijaksana. Aih, maaf ya, targetku, kamu harus mendapatkan Santa amatir macam saya. Kedua, karena, well, riddle saya seolah nggak niat..... terutama kalau dibandingkan dengan riddle dan clue dari Santa lain.... orz

Yang bikin makin demot adalah karena Santa saya buaik banget dan buku pilihannya untuk hadiah saya pas banget dengan apa yang sedang saya inginkan--on top list. Plus, dia memberi saya dua buku, satu dibelikan baru dan satu diambilkan dari koleksi pribadinya. Baik banget, padahal setelah saya cek buku yang dikasih ke saya itu dapat rating bagus dari beliau--iya, saya sudah tahu siapa Santa saya. Riddle-nya unik tapi masih mudah dipecahkan. Uuuh baik banget, kaaan, Santa saya?

Ini buku-buku yang dihadiahkan oleh Santa saya:



Titik Nol-nya Agustinus Wibowo dan novel klasik The Great Gatsby. Dua ini memang termasuk top-wishlist saya, bersama dengan buku seri Majapahit-nya Langit Kresna Hariadi. Saya sudah lama ingin membaca Titik Nol, dan belakangan ingin kembali memberikan kesempatan kedua pada The Great Gatsby--yang sempat saya DNF saat membaca ebooknya. Mungkin karena saya jadi anak baik selama setahun ini, makanya Santa bisa mendengar doa saya tentang kedua buku ini. hahaha. Lalu untuk riddle-nya:


Lagi-lagi, kenapa saya sebut Santa saya baik? Karena Santa saya juga seolah tahu kalau saya hobi main decoding. Saya bisa dengan sombong bilang kalau saya jago anagram dan deciphering. Lalu kebetulan saya dapat cipher! Woow, you don't know how happy I am, Santa! Ini yang ditulis Santa saya:

Dear Ayu Puspita Sari

You got a secret code from someone called SANTA. To find this SANTA, you must break the code. It is a very simple code for secret communication. This code called CIPHER. The Cipher is named after this man's name. He was the enemy of Marcus Tullius Cicero in Lustrum and Shakespeare used his name in one of his Tragedy.

KEY = 7

AXEEHFR UEHZGTF XBLFTKB FXFUTVT TGWFRET LMGTFXB LLBEOBT

Happy Reading & Breaking The Code

-SANTA-


Saya senang dapat Santa yang baik dalam memberi riddle dan mengerti apa yang saya mau. Hihihi. Nggak sabar untuk menunggu posbar Januari 2014 dan bisa secara resmi berterima kasih pada Santa yang begitu baik. Saya akan usahakan untuk baca kedua bukunya agar bisa dipost saat Januari. Tapi kalau nggak sempat, mungkin saya akan utamakan review The Great Gatsby, sebagai penghargaan karena Santa sudah menyerahkan buku yang dirating bagus olehnya pada saya. kalau saya mah biasanya nggak akan memberikan buku yang saya rating bagus.

Sekali lagi, terima kasih, Santa! Merry Christmas all! Ho ho ho ho ho ho ho~

20 comments:

  1. jyahh, nyerah deh kalo kodenya seperti itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. tampilan awalnya mengintimidasi ya mas? ;)

      Delete
  2. Gak ngerti kodingnya *penggemar Dan Brown gagal*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena mulainya udah dengan mengira yang ribet-ribet? Dan Brown kan anagramnya ribet biasanya. :)

      Delete
  3. waaah kreatif...aku udah coba pecahin juga, kayaknya cocok soalnya pernah tau dia punya buku Gatsby versi itu hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih Mbak Astrid kenal, ya? Saya belum sempet kenalan selain di GR. *malu*

      Delete
  4. *mumet duluan liat aksara rusia macam begituan*

    ReplyDelete
  5. eaaaa cusyah mak *sekali lihat* :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin harus dicoba dikerjain di kertas, Mid. Coba aja iseng-iseng kalo senggang. Asik main beginian. :p

      Delete
  6. Oh iya. Santa mu itu emang punya Gatsby sih X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Bu Dokter juga udah bisa nebak ya? Selamaaat!

      Delete
  7. Mau Great Gatsby-nya~.
    wiew..riddlenya susah. Udah nyoba nulis seperti punya Dan Brown ngga nemu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beruntung dapet GG. Udah jarang bukunya dan ternyata dilepas sama empunya. Aaah saya bahagia. =/////=

      Ayo berusahaa~ :D

      Delete
  8. Hihi mirip riddle yang kudapet. Woow The Great Gatsby!!! Selamat baca!

    ReplyDelete
  9. kayanya Santa-nya suka yg klasik-klasik tuh... :)

    ReplyDelete
  10. Aku kalo dapet kode kayak gini mungkin udah nangis-nangis kebingungan muhuhahahaha jago nih bisa langsung nebak:"

    ReplyDelete
  11. jadi nyesel dulu ga beli GG. waaa... ternyata doyan main anagram, yaaa... aku rindu juga main anagram... sekarang lemot banget kalo diajakin main anagram -___-"

    ReplyDelete
  12. waduh, aku aja baru tahu cipher..
    #gakgaul
    Salam kenal yaa :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...